Saturday, January 6, 2007

APES

Rabu kemaren tgl 3 Jan 2007 aku mampir ke pasar. Aku biasanya ke pasar yg dekat centrum di Blaak. Dikasih tau sama tetangga klo ada jg Markt di daerah Afrikaanderplein sekitar 15min pake tram. Hari pasarnya Rebo - Sabtu. Aku sdh pernah nyoba sekali kesana, en kemaren rabu kali yg ke dua. Memang pasarnya gede en rame juga.Banyak pertokoan juga disitu. Aku sudah pernah cerita ke Cel, dia bilang daerah itu rada rawan. Cuman aku engga kepikiran macem2. Lagian aku mang suka kluyuran ke pasar, karena harga sayur, ikan ma buah2an lebih murah.

Nyampe dipasar, aku liat ada dijual buah pir putih bagus besar2 harganya murah. Dicobain rasanya maniez lagi, akhirnya aku beli deh.
Barusan bayar, liat ada kerumunan orang. Eh ada dijual kaos kaki murah. Nyang tadinya engga kepikiran beli, jadi ikutan nggabung. Barusan milih2 aku ngerasa didesek ma orang dari samping kanan. Kebetulan tasku aku slempang ke sebelah kanan. Aku nggak mikir macem2 krn ngerasa tasku sudah aku tutup resliting dalamnya en masih ada ketutup depannya.Eh barusan berapa menit mo bayar, cari2 dompet kaga ketemu. Tasku udah aku ublek2 kaga nemu dompetku juga.

Oh my God, barusan sadar deh klo dompetku dah kabuur dinyolong orang.Rasanya shock, kecopetan di negri orang hiks. Mikir surat2 penting yg ikut melayang. Mateek aku!!! Verblijfsvergunningku booo.
Duwitnya sih kaga seberapa, tapi bankpas,collegekaart, ziekenfonds verzekeringpas ini yg biasa aku tinggal di rumah kemaren lupa tetep aku taruh didompet. Bibliotheekpasku jg ikut melayang, jg bbrp pas photo yg belom lama kubikin.

Yah udah mo gimana lagi.Telp ke bank buat blokir kertu.Ditanya:ilangnya dmn, kapan, etc etc. Mereka mo kirim bank pas yg baru dgn pin yg sama dlm seminggu dipotong 7,50eur di rekening, gpp.Wah satu dah lega deh. Dianter Cel lapor polisi buat di process verbal. Dibikinin surat Process-Verbaal Aangifte sebanyak 6lbr yg mana penting buat ngurus surat2 yg ilang. Telpon ke kantornya Ziekenfonds verzekering lega kedua krn mrk mo kirim kartu nyang baru dlm 2 minggu. Trus ke gemeente centraal tanya buat ngurus verblijfsvergunningnya. Ternyata yg ngurus IND.Dikasih nomor telp buat ngubungin IND dan diaksih jg contoh form2 yg harus diisi dan dokumen2 yg harus disiapkan. Alamak banyak sekali kaya bikin yg baru.Setelah telp ke nomor yg dikasih dari gemeente , dlm semingggu mereka mo kirim form2 yg komplit buat dilengkapi. Ini yang bakalan rada rumit.

Setelah kita cerita ke bbrp famili ,ternyata memang daerah itu rawan sekali. Sudah sering banget kejadian colong mencolong en curi mencuri disitu. Katanya ada ditempel warning disitu, cuman aku kok ngga liat ya. Bahkan ada pengalaman famili yg pernah lagi berdiri nunggu di depan toko, saku jeansnya dirogoh ma orang. Dengan berani tangannya langsung disemplak ma dia.

Anyway, I learn from this experience. Karena aku emang kadang careless en kurang begitu perhatian. Dan yang penting harus lebih hati2, dimanapun!!

6 comments:

Theresia Maria said...

waduh, bener2 itu copet yach! mana mikir dia kalo surat2 itu loh yang bikin kita puyeng. Duit ilang2an ya gpp, tapi kalo surat2 ama kartu...
lain kali ajak Cel kalo pergi ke tempat rawan.

Ira said...

duh apes bener.... ilang duit nggak seberapa mangkel ya tapi kalo surat-surat tuh...ngurusnya amit-amit lamanya...

ehs ay..aku link ya

kenny said...

yuliiii, miss uuuuuuuuuu...dah brp taon kita gak ber sua, hiks.
wah...kirain disana bebas dari copet, ternyata sama ajah ya. Laen kali cari yg agak mahalan dikit yg penting aman...hehehehh, klo lagi apes emang gak liat sikon yah, aku jg kecopetan pas awal tahun jeng.

Kristin said...

hiks... kasian km say... saking enaknya blanja pe ga tau dompet blabas.... kangennnnnnn euy... lama ga ktm.

kenny said...

lebaran kemarin aku pulang....dirimu kapan?

eKaNi said...

@Iya wie,tadinya sih PDaje. Skrg msh mikir2 buwat kesana cendili.

@Makasih dy..

@Skrg mpe dah abiz mangkelnya Ir,hrs sabar aja nih ngurus verblijfsvergunningnya

@Kangeeennn amieee!Iyah nih jeng kok kita senaseb yah..hikshiks
Pinginna sih plg thn ini.

@Olip, iyah nih krg perhatian sekitar say. Kangen jg Lip, dah lama kita ngga ngobrol2.