Sunday, January 28, 2007

Inburgering abroad


Kemaren sempat baca koran THE Hague/Amsterdam/Rotterdam TIMES edisi bulan ini,Januari, nyang memuat jawaban dari adapted version dari “Naturalizing Abroad” exam. Ku jadi tertarik tuk sedikit menge-share topik ini disini.

Mulai 16 Maret kemaren Holland menjadi negara Eropah pertama yg mensyaratkan para imigran nyang mau datang ke Belanda mengikuti tes Naturalisasi di kedutaan Belanda di negara mereka . Exemptions (bebas dari kewajiban) ato dengan kata lain perkecualian diberikan pada : knowledge migrants en self-sufficient business owners; au pairs (baby sitter/nany); individuals planning a temporary stay seperti students en expatriate workers; pemegang pasport EU; dan orang2 dari Canada, the US, Switzerland, Sweden and Vatican city dan orang2 Suriname yang mendapat pendidikan di Belanda ato di sekolah2 Belanda.

Bagi para imigran nyang datang ke Belanda buwat tinggal menetap dengan pasangan (suami/istri/pacar) ato para pemimpin spiritual yang datang tuk memimpin jamaah di sebuah gereja, masjid setempat wajib lulus tes ini, sebelum kemudian mengurus surat untuk mendapatkan ijin tinggal sementara (mvv).

Seperti nyang ditulis dari Koran ini juga pada edisi sebelumnya, Desember, tes Naturalisasi ini terdiri adalah test lesan (oral test) yang terdiri dari dua bagian, diberikan di kedutaaan Belanda yang ada di seluruh dunia. Bagian pertama mengetes pengetahuan dasar berbahasa Belanda dengan meminta kandidat/peserta test mengulang (repeat) beberapa kalimat dan cerita pendek berdurasi 30detik , menjawab beberapa pertanyaan dasar dalam bhs Belanda seperti "Apakah anda menggunakan air panas ato air dingin saat bikin teh?" dan selanjutnya memberi jawaban antonim (lawan kata) dari kata2 yg disebutkan.

Bagian nyang kedua adalah menjawab 30 pertanyaan tentang Dutch history, culture, goverment and society dalam bhs Belanda. Setiap pertanyaan disertai dengan gambar (images) dari video tuk menstimulir jawaban. Pertanyaan2 tersebut didasarkan pada 105min training DVD "Naar Nederland" (To the Netherlands)Tuk test bagian pertama tidak ada materi persiapan yang disediakan. Dus, calon peserta harus menyiapkan diri mereka dengan kemampuan bhs belanda yang cukup.
However, dengan membeli paket "Naar Nederland" calon perserta bisa berlatih tuk menjawab beberapa pertanyan secara lisan melalui telefon dengan sejumlah waktu yang dibatasi. Paket ini dilengkapi dengan kode2 dan mereka bisa mencek score mereka online.



Untuk tes bagian kedua calon peserta test bisa belajar dari DVD yang tersedia dalam berbagai bahasa dengan harga 63.90 eur.
Sedang tuk testnya sendiri calon peserta test dikenai biaya 350 eur.

Duh duh duh..betapa sulitnya sekarang tuk dapet ijin tinggal sementara di Belanda. Untungnya aku masuk kloter tahun terakhir nyang masih kena peraturan lama. Jadi nggak perlu ikut naturalisasi tes dulu,nyangmana harus ke Jakarta, en naturalisasi (inburgering) coursesnya disini masih dibiayai pemerintah. Sekarang, berapa duwit tuh nyang harus keluar buwat persiapan tes, tesnya , belom dokumen2 nyang dibutuhin en masih thetek bengek nyang laennya. Terlagi kalo dah disini,kita harus cari en bayar sendiri buat inburgering kursusnya. Pusiiing dah! :)

9 comments:

kenny said...

duh..duh..untungnya aku gak jadi tinggal disana (halahhh...ketok ngapusi yo :D)

Innuendo said...

astaga..aje gile nih belanda makin susyeh aja. berubah ubah mulu yak rulesnya.

aku waktu nikah di amerika, pake visa turis. hayoo sini pada kawin di amrik aja lol

Ira said...

ribet ya....untung kita masih kena kloter gratisan hehehe

mom4kids said...

tambah susah memang ya ...bersyukur nggak perlu ngalami kayak gitu

Kristin said...

hooh susah bangets skarang say... mana mesti bayar sendiri lagi... ak seh gpp.. cmn kasian temenku yg mo masuk ke nl.

Theresia Maria said...

makin setreng dan makin mahal juga. mungkin mencegah meledaknya jumlah penduduk di Belanda.

btw, aku link yach biar gampang kalo mampir.

Ninis said...

Hihihi ... aku masuk jadi pengunjung aja deh :D
Boleh mampir yaaa ... :)

eKaNi said...

@ kenny : jadi turis aja jeng
@ dian: ganti thn ganti rules Di
@ dinati + ira + susi + kristin + tiwi : iyah say,NL dah sesek kebanyakan imigran.Slamet dah gua dari ongkos besaar :)
@ ninis; ayuuk, sini mampir

SinceYen said...

Untung aja pas waktu aku ngurus ini itu masih belon sesulit sekarang.